TAK KENAL MAKA TAK SAYANG “HOMESCHOOLING”



Mungkin itulah peribahasa tepat yang menggambarkan pemikiran saya tentang homeschooling,

Dulu saya selalu berpikiran sinis ketika mendengar pemberitaan di televisi mengenai anak artis atau artis cilik yang homeschooling. Menurut saya, homeschooling hanya pelegalan untuk meninggalkan bangku sekolah pada anak-anak yg lebih mementingkan kegiatan keartisannya.

Sampai ketika saya memiliki anak sendiri, saya mulai mempelajari ilmu parenting, dari niat untuk memberikan pendidikan yang baik kepada anak, saya sering membaca buku ilmu parenting dan searching artikel2 terkait dengan itu. Saya banyak membaca dan mempraktekkan ilmu parenting yang ada di dalam buku-buku Ayah Edy, bagi yang suka membaca artikel terkait parenting pasti sudah kenal siapa Ayah Edy, yang ternyata adalah seorang praktisi homeschooling dan penggagas program “INDONESIAN STRONG FROM HOME”


Pengenalan lebih dalam pada homeschooling terjadi ketika saya sedang mencari-cari lagu anak-anak yang bisa di download secara gratis di internet. Lewat pencarian itu saya menemukan situs pelangi nada, yang ternyata pengelolanya adalah seorang praktisi homeschooling. Ibu mira Julia biasa disapa Ibu Lala, keluarga mereka punya arsip terkait dengan kegiatan homeschooling keluarga mereka di situs rumah inspirasi.

Lewat rumah inspirasi itulah saya mengenal lebih dalam mengenai homeschooling.

Ternyata homeschooling bukan seperti yg saya bayangkan selama ini, bukan pula sebuah pelegalan untuk meninggalkan bangku sekolah, tetapi lebih kepada kepedulian terhadap perkembangan dan pendidikan anak sesuai dengan fitrah, minat dan bakat alaminya.

Homeschooling adalah pendidikan berbasis keluarga, bukan memindahkan semua pelajaran sekolah ke rumah. Atau memanggil guru untuk mengajarkan semua mata pelajaran yg ada disekolah ke rumah. Jelas ada banyak kesalahpengertian orang terkait dengan homeschooling.

Sekarang saya tidak lagi berpikir sinis bila mendengar ada anak-anak homeschooling, justru kagum betapa hebat orangtuanya yang berani mengambil tanggung jawab secara penuh untuk pendidikan anak-anaknya.

Sampai saat ini saya masih terus belajar terkait dengan homeschooling dan mempraktekkan homeschooling anak usia dini untuk anak saya yang masih berusia 2 tahun.


Saya bercita-cita menerapkan homeschooling untuk pendidikan anak saya kelak.

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top