Guide Pendidikan Anak Usia Dini Charlotte Mason


Menjadi orang tua yg memutuskan homeschooling untuk anaknya kadang memang membutuhkan penguatan untuk memastikan apakah kita masih berada di jalur yg benar.

Seperti minggu ini, kegiatan lintang banyak saya isi dengan menonton (bukan menonton tv) biasanya tontonan lintang adalah video2 hasil unduhan dari youtube yg pastinya sudah saya seleksi terlebih dahulu. walaupun tontonannya memang sebisa mungkin yg bermanfaat.

Tapi sepertinya itu hanya pembenaran saya untuk membiarkan lintang menonton dan saya bisa menikmati "me time" tanpa terganggu yg biasanya saya isi dgn browsing.


Sampai saya membaca Charlotte Mason preschool guide, mengingatkan untuk kembali ke jalur yg benar, Ini hasil terjemahan dan sedikit tambahan versi saya (bhs inggris dpt nilai 3 diraport) untuk aslinya bisa dilihat langsung di simplycharlottemason.com


Petunjuk/pegangan dasar dlm mendidik anak usia dini (3-5thn) Charlotte Mason.


Fokus pada dasar

1. Menerapkan kebiasaan baik
2. Berkegiatan fisik
3. Membacakan buku/ bercerita


Melatih otak kanan

1. Membuat kerajinan tangan/prakarya
2. Bermain musik/bernyanyi
3. Mendongeng dan puisi


Sedikit demi sedikit mengenalkan akademik sesuai kemampuan anak

1. Membaca
2. Menulis
3. Berhitung




Membaca guide diatas terlihat sangat simple, tp membutuhkan kesabaran dan cinta yg luar biasa dalam penerapannya.


Harapan saya semoga ibu2 di Indonesia terus diberkahi rasa cinta dan kesabaran untuk dapat mendidik anak2 menjadi generasi yg lebih baik.

Indonesian strong from home.

"Raising children raising ourselves" Naomi Aldort.

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top