Membuat Kue Bersama

Alhamdulillah, ngga terasa puasa Ramadhan 1438H sudah masuk hari ke 16, seperti biasa buat ibu ibu pasti sudah mulai sibuk menyambut lebaran diantaranya membuat kue, nah kegiatan bikin kue ini bisa jadi kegiatan yang asyik buat dilakukan bersama anak.

Saya sendiri sudah mulai membuat kue dari minggu lalu, bukan buat stok lebaran tapi buat mengisi kegiatan membersamai anak, karena kuenya sendiri sudah habis sebelum lebaran.

Berikut diantaranya manfaat membuat kue bersama anak :

1.Membangun hubungan dan kedekatan dengan anak - Mengobrol saat membuat kue menjadi salah satu cara yg efektif dalam membangun komunikasi dengan anak.

2.Mengembangkan emosional sosial anak - Kepercayaan diri pada keterampilan dan kemampuan anak akan tumbuh saat anak bisa mencetak kue, biasanya mereka antusias ingin mencicipi kue dengan bentuk yg mereka buat sendiri.

3.Melatih motorik halus - Dengan mengaduk, mengulen, menuang, mencetak kue mengembangkan motorik halus dan koordinasi mata mereka.

4.Menurunkan tradisi keluarga - Dengan membuat resep kue andalan keluarga, sejarah dan kisah bisa diturunkan dan diceritakan kepada anak melalui proses membuat kue bersama.

5.Mendorong kreativitas - Saat mencetak kue biasanya anak2 mengeluarkan kreatifitasnya menjadikan bentuk kue yg unik dan aneh (bagi kita orangtua😀)

Sedikit tips, buatlah resep sederhana dalam jumlah kecil, sehingga mudah dan cepat selesai dikerjakan karena membuat kue bersama anak 2x lipat lebih lama dan kotor daripada mengerjakannya sendiri.

Lakukan dengan penuh kesadaran, bahwa bikin kue kali ini untuk kegiatan membersamai anak, jadi kalo ada tepung yg tumpah, adonan yang belepotan, bentuk kue yg ga karuan, kita akan maklum.

Sumber bacaan :
Ebook aktivitas memasak sederhana
Mira Julia - Rumah Inspirasi

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top