Jalan-jalan pagi dan manfaatnya.


Saat saya masih bekerja, biasanya kegiatan jalan-jalan keliling perumahan hanya dilakukan saat sabtu atau minggu pagi. Kalaupun tidak berjalan-jalan, saya akan mengajak Lintang bermain di depan rumah untuk menikmati matahari pagi.Tapi kini sejak menjadi fulltime mommy, jalan-jalan pagi merupakan kegiatan rutin kami.

Kebetulan di lingkungan tempat tinggal kami masih ada daerah rawa-rawa yang belum di bangun. Biasanya setelah berjalan berkeliling kami berhenti dan bermain-main di sekitar rawa tersebut. Ada banyak  kangkung liar, berbagai tanaman perdu dan semak-semak tinggi. Ternyata tanaman liar itu juga mempunyai bunga-bunga yang cantik loh..

Beberapa bunga liar yang kami temukan.
Lintang juga suka bermain dengan tanaman putri malu, biasanya dia akan menyentuh dengan hati-hati sambil bilang "Tidur... tidur....tidur....". Selain bebungaan ada juga 1 pohon perdu liar berbuah yang kami temukan. Jangan tanya saya jenis tanaman ini, karena saya pun bukan ahli tanaman, yang pasti tanaman2 ini familiar di tempat2 yang banyak semak belukarnya ;)

Buahnya kecil-kecil berwarna hitam, Saat saya coba rasanya manis dan sedikit sepet, Lintang senang mengumpulkan buahnya, sambil menikmati hangatnya sinar matahari pagi. What a wonderfull world :D memetik buah kecil-kecil ini juga melatih motorik halusnya. sambil menyelam minum air kaan...
Buah perdu liar yang kami temukan
Berjalan-jalan menikmati alam dan lingkungan seperti ini mungkin terlihat sederhana, tetapi banyak manfaat yang kami rasakan, diantaranya :
- Olahraga
- Bersosialisasi dengan tetangga
- Anak belajar mengamati 
- Mensyukuri ciptaan Tuhan

Bahkan menurut Charlotte mason, untuk anak-anak usia dini kegiatan bermain di alam harus dilakukan minimal 4 jam sehari. Berikut beberapa manfaat bermain di alam menurut Charlote mason:
(1) Meningkatnya habit of attention (kemampuan untuk fokus dan daya pengamatan)
(2) Menumbuhkan jiwa peneliti 
(3) Menyediakan landasan bagi pengetahuan teoritis ilmiah nantinya
(4) Meningkatkan kesehatan badan
(5) Menyalurkan energi dan keingintahuan anak yang besar
(6) Menetralisir emosi-emosi negatif
(7) Membangun karakter yang stabil dan positif di rumah
(8) Meluaskan minat, kretivitas, dan wawasan
(9) Memberikan pengalaman berkelana dan kemandirian berkegiatan 
(10) Menanamkan kekaguman pada keunikan ciptaan dan kehebatan Sang Pencipta

Ayok, kita temani anak jalan-jalan pagi dimulai dari sekarang!
kalau bukan kita, siapa lagi?
kalau bukan sekarang, kapan lagi?






CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top